sejarah bmw e90

Menengok Sejarah BMW E90 Dan Keluarganya

Setelah E46 yang mulai dipercaya oleh masyarakat Indonesia karena semakin mudah perawatannya, kini penerus mulai kembali populer

Jakarta Mr Gir – Dengan wajah yang masih praktis ‘ganteng’ sampai sekarang, BMW 3 Series berkode bodi E90 ini masih sering mendapat tatapan mata saat menurunkan penumpang di lobi sebuah pusat perbelanjaan. Wajar, cukup lama untuk mencapai 8 tahun, membuat BMW terus memberikan penyegaran terus menerus dan tetap membuatnya menarik. Namun penanganan yang sangat dinamis dari 3 seri tersebut sebenarnya adalah nomor 2 alasan mengapa ia menjadi favorit para eksekutif muda. Seiring dengan kelincahannya, suspensi keras dan dibantu penggunaan jenis ban RFT juga membuat gambar tidak sesuai dengan mobil penumpang.

Berkat tingginya depresiasi yang biasa dialami mobil Eropa, sekaligus penggantinya, F30, sudah hadir lebih dari 3 tahun yang lalu, harga E90 sebelumnya kini mulai menurun drastis dan penggemar mobil yang didambakan yang menginginkan ekslusivitas seken. Jumlah bengkel alternatif yang mulai mendapat untuk layanan sedan mewah ini juga membuat pamornya semakin meningkat. Lalu apa yang harus diwaspadai? Simak tulisan di bawah ya. • (automotivenet.com)

Sejarah & Varian

Setelah diperkenalkan di dunia pada akhir tahun 2004, Indonesia segera memasuki sedan premium kompak ini pada tahun 2005. Saat itu, PT. BMW Indonesia meluncurkan mobil ini dalam 3 varian bensin sesuai dengan penamaan BMW konvensional, mesin 320i 4 silinder inline berkapasitas 2.000 cc, 325i bermesin 6 silinder berkapasitas 2.500 cc dan versi terbatas 330i 6. -cylinder engine inline file kapasitas 3.000 cc. Perubahan yang sangat jauh dari Seri 3 sebelumnya, E46, menjadikan E90 terlihat sangat futuristik saat diluncurkan pada saat itu. Pada awalnya, lampu depan varian 320i belum mengadopsi proyektor dan lampu belakangnya belum LED.

Empat tahun kemudian, BMW menyegarkan E90. Varian 320i sekarang mendapatkan lebih banyak tipe, yaitu 320i Lifetyle Executive, 320i Lifestyle Sport, 320i Lifestyle Ultimate dan 320i Executive. Varian 325i sekarang yang paling mewah karena 330i hanya dilakukan dengan memesan. Yang paling mencolok adalah penambahan fitur iDrive yang menjadi hiburan siganature BMW hingga saat ini. Widescreen menggantikan head unit tanpa layar, plus rotary controller yang dianggap sebagai pelopor untuk merek lain.

Uniknya, mesin 4 silinder dan 6 silinder yang digunakan sejak awal dikeluarkan hingga akhir waktunya di tahun 2013 masih belum menggunakan bantuan turbocharger atau biasa disebut mesin aspirated (NA). Bagi penggemar NA, seri 3 terbaru ini bisa dibeli sebelum teknologi induksi paksa masuk.

Layanan Resmi

Kecuali untuk BMW E90 yang dimiliki oleh tahun termuda, kemungkinan telah melewati masa garansi atau kontrak layanan. Setelah masa garansi berakhir, bengkel resmi BMW menyediakan paket layanan yang disebut Value Line. Value Line terdiri dari 10 paket perawatan mesin, sistem pembuangan, transmisi otomatis, chassis depan, sasis belakang, rem, interior atau eksterior, listrik, dan komponen tambahan. Misalnya di PT. Bestindo Car Utama Bintaro, biaya paket perawatan mesin Rp 1,4 juta dengan rincian filter oli dan perubahan mikrofilter saja. Biaya layanannya Rp 330 ribu termasuk layanan penggantian minyak sebanyak 4,3 liter yang dibebankan Rp 1,1 juta. Ganti filter udara Rp 820 ribu dan layanan, busi Rp 1.925 juta / 4 pcs sudah mengikuti layanan. Total biaya perawatan mesin ini Rp 5.575 juta. •

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *