Usia 7 Bulan Sudah Waktunya untuk Bayi Anda Belajar Merangkak

Waktu otot tangan serta kaki, terlebih lututnya telah kuat, bayi 7 bln. biasanya telah mulai bisa merangkak. Kesibukan ini jadi persiapan penguatan ototnya hingga bisa jalan.

Pada umur ini, terkecuali mulai dapat merangkak, rasa gatal karena tumbuh gigi membuatnya semakin seringkali memasukkan benda ke mulutnya untuk digigit. Dia juga mulai dapat duduk tanpa ada pertolongan atau didukung. Tentang berat tubuh rata-rata, bayi 7 bln. berjenis kelamin lelaki biasanya berbobot 6, 7-10, 2 kg dengan panjang kurang lebih 65, 1-73, 2 cm, sesaat bayi wanita rata-rata berbobot 6, 1-9, 6 kg dengan panjang kurang lebih 62, 9-71, 6 cm.

Usia 7 Bulan Sudah Waktunya untuk Bayi Anda Belajar Merangkak

Kekuatan Motorik

Pada umur ini, walau beberapa besar bayi juga akan belajar merangkak, tetapi beberapa yang lain segera jalan serta tidak lewat fase merangkak. Ada pula yg tidak merangkak maju, tetapi mundur.

Tak ada yang butuh di kuatirkan sepanjang anak Anda tetaplah tampak dapat mengkoordinasikan ke-2 sisi badan, baik tangan serta kakinya dengan baik. Cuma saja, yang butuh diingat, jauhi memakai baby walker yang diklaim bisa menolong bayi belajar jalan. Fasilitas ini malah berisiko menghadirkan kecelakaan pada bayi. Diluar itu, sebelumnya dia mulai aktif merangkak, yakinkan lantai Anda senantiasa bersih serta letak perlengkapan dalam tempat tinggal Anda tidak membahayakan anak dalam mempermudahnya bereksplorasi. Selain itu juga anda harus mewaspadai dan mengurangi resiko perubahan bentuk kepala bayi dengan menggunakan bantal olus pillow karena kepala bayi yang peyang dapat mempengaruhi IQ nya jadi bisa saja ia akan lamban dalam menangkap hal apapun dan perkembangannya akan sedikit terganggu.

Bayi 7 bln. bisa memutar tubuh serta menegakkan punggungnya agar bisa duduk lebih lama. Dia juga mulai bisa membuat serta mengelompokkan mainannya kedalam kelompok ukuran kecil atau besar.

Untuk melatih kekuatan motoriknya, Anda bisa mengajaknya menggerakkan permainan yang lebih rumit. Letakkan satu diantara mainannya di lantai, tutupi dengan satu kain. Buka kain sembari berkata dengan ekspresi senang, “Ini dia! ”, lalu tutup kembali serta ulangilah. Dia juga akan suka memerhatikan benda yang hilang serta terlihat berkali-kali. Diluar itu permainan “cilukba” dapat juga buat bayi suka.

Pada umur ini Anda telah mulai bisa mengajak bayi berhenti memakai botol serta mulai mengenalkan cangkir. Cangkir yang bisa dipakai pada umur ini yaitu sippy cup dengan dua pegangan di samping serta moncong atau sisi mengerucut yang mempermudah bayi minum. Mengenalkan cangkir lebih awal buat bayi lebih gampang untuk berhenti memakai botol.

Kekuatan Berkomunikasi

Memorinya sudah berperan dengan baik hingga dia bisa mengingat bebrapa nada yang familiar. Dia dapat juga mengerti kalimat simpel, seperti ‘tidak’, ‘ma-ma’, atau ‘da-da’ sembari melambaikan tangan. Terkecuali mulai berceloteh dengan kosa kata yang lebih kompleks, bayi 7 bln. bisa mengerti larangan Anda untuk lakukan suatu hal dengan berkata ‘tidak’.

Kekuatan Sosial

Bayi 7 bln. telah bisa tampak mengetes otoritas Anda dengan menampik ikuti arahan Anda. Tetapi sesungguhnya dia cuma tengah menginginkan tahu. Jadi tetaplah awalilah untuk memberitahunya mana yang baik serta untuk tidak dikerjakan, umpamanya mengenai melempar mainan, merobek buku, atau memasukkan benda kotor ke mulut. Walau sekian, senantiasa ingat kalau dia belum juga seperti orang dewasa yang bisa senantiasa mengerti serta mengingat semuanya yang Anda katakan. Katakan saja ‘jangan’ bila dia lakukan hal yg tidak semestinya, lalu alihkan perhatiannya.

Dalam hubungan interpersonal, dia bisa terasa kuatir, terlebih bila ada orang asing yang mendekatinya. Hal semacam ini tunjukkan kalau anak Anda mulai mengerti lingkungan di sekelilingnya. Dia dapat juga menangis saat Anda tak ada di dekatnya atau terlepas dari pandangannya. Pada umur ini, lumrah bila dia belum juga mengerti kalau waktu ibunya, umpamanya pergi bekerja, ibunya juga akan kembali sekali lagi. Dia dapat juga mengerti perubahan intonasi serta volume nada, hingga mungkin saja dia juga akan menangis saat Anda berkata kasar atau kencang.

Bayi 7 bln. juga akan jadi semakin ekspresif. Dia bisa ikuti saat orang di sekelilingnya bertepuk tangan. Dia dapat juga melambai serta melepas ‘cium jauh’ pada kerabat atau orang yang dia kenal dekat. Pada umur ini, dia juga telah bisa ikut menirukan ekspresi orang yang lain. Umpamanya dia juga akan menangis waktu lihat orang yang lain menangis. Ini yaitu peluang Anda untuk menanamkan nilai kebaikan karna bayi juga akan mencermati serta mengikuti bagaimana caranya Anda berlaku pada orang yang lain.

Hal Beda yang Butuh Diperhatikan

Gigi bayi pertama kalinya juga akan mulai berkembang pada umur sekitaran 4-7 bln. serta selalu juga akan berkembang jadi lengkap. Perubahan ini juga akan buat gusinya mungkin saja merasa gatal, hingga dia terus-menerus memasukkan tangannya atau benda yang dia pegang kedalam mulut serta menggigitnya. Pada saat inilah semakin lebih banyak keluarkan air liur.

Untuk meredakan rasa gatal yang dia rasakan, ada type mainan dimaksud teether yang memanglah berperan digigit. Yakinkan teether­-nya senantiasa ada dalam keadaan bersih. Bersihkan bersih dengan air hangat serta sabun yang aman untuk bayi setiap hari. Anda dapat juga memberi wortel yang sudah dikupas serta dikukus untuk meredakan gatalnya.

Dalam melakukan aktivitas keseharian, bayi Anda juga akan suka pada kebiasaan yang berkelanjutan, seperti ritual Anda membacakan dongeng atau memutar musik setiap malam mendekati tidur. Ini membantunya agar bisa santai serta selekasnya tertidur. Menjadikan setiap kesibukan seolah-olah jadi permainan, seperti mandi dengan mainan-mainan yang bisa berbunyi.

Janganlah sangat cemas bila bayi Anda belum juga mempunyai kekuatan seperti yang diterangkan diatas karna perubahan setiap anak tidak sama serta unik. Di beberapa bln. ke depan, kekuatan dalam soal merangkak serta jalan biasanya juga akan begitu berlainan pada satu bayi dengan bayi beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *