Khasiat Kulit Manggis

Buah manggis yang secara ilmiah dikenal dengan nama Garcinia mangostana adalah pohon cemara tropis yang diyakini berasal dari Indonesia dan banyak tersedia di beberapa wilayah Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam dan juga di beberapa wilayah di Afrika. Manggis ungu, juga dikenal sebagai ‘Mangustan’ dalam bahasa Hindi, ‘Ivarumamidi’ di Telugu, ‘Kaattampi’ di Malayalam, ‘Kao’ di Bengali, ‘Murugala Hannu’ di Kannada, ‘Kokum’ di Gujarati, ‘Kokam’ atau ‘Ratamba ‘di Marathi, diakui karena penampilan dan bumbu yang unik sering dipuja sebagai ratu buah tropis, terutama di bagian timur.

Buah ini memiliki tiga bagian utama: kulit ungu tua; Daging putih yang dapat dimakan yang tersegmentasi seperti jeruk dan biji-bijian, ditemukan di dalam daging. Benihnya sangat pahit rasanya dan tidak bisa dimakan sedangkan dagingnya memiliki keharuman lembut dengan rasa manis. Kulit terluar atau kulit buah Mangostein (disebut pericarp) agak sulit, namun bisa dibuka dengan mudah.

Manggis telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional berbagai negara Asia untuk waktu yang sangat lama, dan pernah dibawa ke seluruh dunia sehingga bisa dijadikan sampel oleh Ratu Victoria. Khasiat kulit manggis dikenal sejak abad ke-18 dan telah terbukti bahwa manfaat ini tidak hanya mitos. Ini adalah gudang nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan gizi secara normal. Bagian yang berbeda dari buah dan tanaman digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit dan kelainan. Berikut beberapa khasiat kulit manggis :

  1. Antioksidan
  2. Rendah kalori
  3. Vitamin C
  4. Aliran darah
  5. Mengurangi Kolesterol
  6. Tuberkulosis
  7. Kanker
  8. Tekanan darah
  9. Anti-inflamasi
  10. Alzheimer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *