Lakukan 5 Cara Agar Smartphone Terhindar dari Virus


Selain bisa menyebabkan kerusakan di smartphone kamu, virus juga bisa ‘menyandera’ data-data yang ada di smartphone kamu. Biasanya, virus masuk ke smartphone kamu dengan memanfaatkan beberapa celah yang ada di sistem operasi sebuah smartphone.

Agar para pengguna bisa terhindar dari virus-virus jahat, pengembang sistem operasi smartphone selalu memberikan update berjangka untuk meningkatkan keamanan OS keluarannya. Ternyata, itu saja masih belum cukup lho! Kamu juga harus berhati-hati dan lakukan beberapa hal wajib untuk terhindar dari virus di smartphone-mu.

Kerjakan 5 Hal Ini Supaya Smartphone Anda Terlepas dari Virus

Di artikel kesempatan ini, JalanTikus juga akan membagikan beberapa hal yang butuh anda kerjakan supaya terlepas dari virus yang coba masuk ke smartphone anda.

1. Jauhi Pasar Aplikasi Pihak Ketiga

Yakinkan anda senantiasa unduh aplikasi lewat service Google Play bila anda menginginkan terlepas dari serangan virus. Men-download aplikasi dari sumber yang asal-asalan, seperti pasar aplikasi pihak ke-3 atau ambil file APK dari satu situs, begitu rawan sekali dengan virus. Jangankan sumber yg tidak terpercaya, Google Play sendiri telah menyebar beberapa aplikasi yang juga akan membawa virus di smartphone anda.

2. Saksikan Nama Developer Aplikasinya

Buat yang belum juga tahu, nyatanya sangat banyak aplikasi palsu yang mengedar di Google Play lho! Misalnya, sekian waktu lalu aplikasi, ada masalah di mana game Pokemon Go buatan Niantics dipalsukan oleh orang yg tidak bertanggungjawab. Ini jadi satu diantara langkah virus menginfeksi smartphone anda.

Jadi, sebelumnya anda men-download aplikasi, sebaiknya anda cermati dahulu nama developer-nya. Bila sesuai sama developer sesungguhnya, baru anda mulai unduh serta install.

3. Baca Review Aplikasi

Meskipun seringkali diabaikan, nyatanya review aplikasi sangat berguna lho. Di feature review ini, anda dapat membaca pengalaman beberapa orang yang telah coba aplikasi yang menginginkan anda gunakan di smartphone anda. Bila jumlah rating serta review-nya buruk, tambah baik anda urungkan kemauan untuk men-download aplikasinya.

4. Janganlah Lupa Unduh serta Install OS Paling baru

Banyak yang katakan bila kita memperbaharui system operasi, smartphone lawas juga akan merasa makin lemot. Nyatanya, itu adalah satu mitos yang salah. Pengembangan system operasi malah mungkin saja memiliki sebagian feature yang juga akan buat smartphone anda lebih aman dari serangan virus. Jadi, upayakan smartphone anda memakai system operasi paling baru ya!

5. Install Aplikasi Keamanan

Meskipun anda telah ikuti beberapa tips yang JalanTikus katakan diatas, tidak tutup peluang smartphone anda diserang virus juga. Oleh karena itu, sebaiknya bila anda juga menempatkan aplikasi keamanan di smartphone anda, seperti Avast!, AVG, Bitdefender, serta Kaspersky. Terkecuali memiliki feature mengamankan smartphone anda, aplikasi seperti ini umumnya mempunya feature backup data, bersihkan cache, serta miliki feature mengunci aplikasi.

Nah, tersebut langkah agar smartphone anda terlepas dari virus-virus jahat. Lebih hati-hati ya bermain smartphone. Ngga ingin kan, smartphone anda terjangkit virus yang dapat buat data-data anda hilang dalam waktu relatif cepat? Sumber: http://www.panduanpraktis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *