2 Metode Sterilisasi Alat Kesehatan Di Rumah Sakit

Salah satu prosedur yang wajib dilakukan oleh rumah sakit dan pusat layanan kesehtan sejenisnya yaitu melakukan sterilisasi terhadap alat – alat kesehatan dan peralatan rumah sakit yang ada. Hal ini mengandung maksud untuk menghindari kemungkinan penularan infeksi silang dari pasien ke orang lain.

alat sterilisasi di rumah sakit

Ada beberpa cara yang biasanya dilakukan untuk mensterilkan alat – alat medis yaitu dengan menggunakan metode pemanasan. Metode pemanasan terdiri dari dua macam yaitu panas uap dan panas kering. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai dua metode sterilisasi yang sudah kita sebutkan diatas.

1. Sterilisasi Panas Uap

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, terdapat dua metode sterilisasi yaitu panas uap dan panas kering, Panas Uap yaitu sebuah metode sterilisai yang dilakukan dengan menggunakan uap. Proses sterilisasi dengan metode ini dilakukan dengan alat yang disebut Autoclave.

Autoclave merupakan alat medis yang berbentuk seperti panci dengan tekanan yang tinggi. Alat – alat medis yang akan disterilkan, diletakkan pada sarangan yang kemudian dimasukkan ke dalam Autoclave. Elemen pemanas yang dialiri arus listrik membuat air di dalam tungku mendidih dan menimbulkan uap panas untuk mensterilkan alat tersebut.

Alat sterilisasi ini bisa dibeli di toko – toko alat kesehatan yang jual autoclave dengan berbagai macam ukuran volume. Biasanya disesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit tersebut.

2. Alat Sterilisasi Panas Kering

Berbeda dengan Autoclave, alat ini disebut sterilisator kering karena memang tidak melibatkan media air dalam proses sterilisasinya. Bentknya juga beda, umumnya berbentuk persegi seperti almari kaca. Metode sterilisasi yang digunakan yaitu dengan pancaran radiasi sinar infra merah bersuhu tinggi. Metode lainnya yaitu dengan panas ozon.

Kedua macam alat tersebut sama – sama digunakan untuk proses sterilisasi alat – alat medis dan peralatan rumah sakit lainnya yang harus dalam keadaan steril. Masih ada satu alat sterilisasi lain yaitu untuk mensterilkan ruangan. Alat untuk mensterilkan ruangan saat ini masih menggunakan sinar uv. Yaitu sebuah lampu yang memancarkan sinar UV ke seluruh ruangan. Namun perlu diingat, sinar uv ini cukup berbahaya apabila terkena pada mata secara langsung. Jadi penggunaanya harus ekstra hati – hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *